Langsung ke konten utama

Tip Penting Untuk Menyambung Kayu

cara menyambung kayu kumpulan tips
Cara menyambung kayu kumpulan tips- Penyambungan kayu bisa berakibat pada dua hal. Yang pertama, produk kayu makin bagus, dan yang kedua justru kerusakan produk kayu itu sendiri. Bisa dikatakan bahwa proses penyambungan adalah proses sangat vital dalam dunia pengolahan kayu. Lalu bagaimana cara menyambung kayu dengan benar? Sebenarnya secara umum hanya ada dua tips yang perlu Anda perhatikan.

Pertama Pilih Sambungan yang Benar
membuat finger joint
Ada sangat banyak jenis sambungan kayu atau wood joint. Di antara berbagai tipe sambungan ini, Anda harus bisa memilih yang paling tepat menurut:
1. Tujuan penyambungan tersebut
2. Produk kayu yang akan disambung. Perhatikan kekuatan sambungan hingga estetikanya serta kesesuaiannya dengan produk kayu yang akan dihasilkan.
3. Teknik yang Anda kuasai (apa gunanya memilih jenis sambungan yang tak bisa anda kerjakan?)
4. Tipe atau karakter kayu yang akan disambungkan (misal apakah kayu tersebut sangat keras sehingga sulit dibentuk dengan detil yang rumit?)

Namun sebelum memastikan kesesuaian tipe sambungan kayu yang dipilih, memang Anda harus tahu dulu tipe-tipe sambungan kayu. Berikut ini beberapa contoh dasar wood joint yang biasa digunakan.
cara menyambung kayu kumpulan tips

Butt Joint

Merupakan jenis sambungan kayu paling sederhana karena hanya dilakukan dengan mengelem dua ujung kayu tanpa desain apapun.

Dado Joint

Tipe sambungan ini dibuat dengan memotong menjorok sebuah kayu sesuai ukuran tebal kayu yang kemudian direkatkan pada bagian tersebut.

Dowel

Sambungan dowel dilakukan dengan membentuk dowel-dowel yang berbentuk silinder kayu kecil untuk dimasukkan pada lubang dari dua kayu yang akan disambungkan.

Mortise dan Tenon

Pada sambungan mortise dan tenon, salah satu kayu dibuat berlubang yang kemudian dimasuki dengan kayu lainnya.

Miter

Tipe sambungan ini menyerupai butt joint namun ujung kayu yang dipertemukan dibuat miring.

Biscuit

Biscuit joinery mirip dengan tenon. Hanya saja bentuknya bukan silinder melainkan oval seperti biskuit.

Finger Joint

Sambungan ini didesain dengan membentuk ujung kayu menyerupai jari-jari yang kemudian ditangkupkan satu sama lain.
Mana tipe sambungan yang paling tepat? Kembali lagi pada cara menyambung kayu kumpulan tips di atas, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan, keterampilan Anda, hingga karakter kayu itu sendiri.

Gunakan Lem Kayu yang Tepat

Selain memilih sambungan yang tepat, Anda juga harus mampu menggunakan lem yang tepat. Pilih lem berdasarkan:
1. Tipe lem. Untuk sambungan kayu, lem yang tepat adalah lem konstruksi
2. Daya rekat
3. Keamanan lem
4. Kemudahan aplikasi
5. Kecepatan kering
6. Efek pada estetika

memilih lem kayu konstruksi crossbond
Contoh lem yang kami sarankan untuk sambungan kayu (dengan memperhatikan kriteria di atas) adalah Crossbond X3.
Nah demikian cara menyambung kayu kumpulan tips yang penting. Segara praktikkan berbagai tips di atas untuk membuat keterampilan Anda lebih baik! Practice always makes perfect.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyambung Balok Kayu Tanpa Paku dan Lem.

Walaupun Jepang adalah negara yang sangat identik dengan teknologi, cara dan metode tradisional Jepang masih dijunjung tinggi oleh orang Jepang, seperti para tukang kayu Jepang yang menggabungkan balok kayu tanpa bantuan paku atau lem. Kobayashi Kenkoku adalah sebuah perusahaan arsitektur yang berada di Prefektur Ehime yang ahli dalam pekerjaan tukang kayu tradisional Jepang. Mereka tetap mempertahankan teknik kuno pertukang kayuan Jepang, dan mereka punya channel YouTube untuk memamerkan cara tukang kayu yang unik itu. Yang paling menonjol dari teknik ini adalah bagaimana para tukang kayu tersebut bekerja tanpa sekrup, paku, atau benda logam pengait lainnya untuk menyambungkan kayu, yang katanya, membuat fondasinya lebih kuat dan tahan lama. Jadi untuk menyambungkan kayu, para tukang kayu harus membuat sebuah sambungan yang kompleks yang sangat cocok satu sama lain. Dua balok kayu siap disambungkan dengan sihir tukang kayu Jepang. Para tukang kayu tidak menggunakan l

Teknik Menyambung Kayu

Ada beberapa macam teknik menyambung kayu yang biasa digunakan, beberapa memeliki sambungan yg lebih baik dari lainnya. Teknik sambungan manakah yang sering anda gunakan ? 1. Butt Joint Woodworking Joints Butt join merupakan teknik sambungan paling sederhana, menyambungkan kayu dengan menempelkan masing masing sisinya secara langsung. Teknik ini memiliki kekuatan sambungan paling kecil dibandingkan dengan yang lainnya, hanya bergantung kepada kekuatan lem yang digunakan. teknik sambungan butt joint teknik menyambung kayu ini hanya memiliki 1 buah sisi sambungan lem. 2. Biscuit Joint Biscuit, kayu dengan bentuk oval menyerupai kue, biasa dibuat dari kayu press, menyambung kayu dilakukan dengan menghubungakan biscuit dari dua buah mortise dengan lem. Sebagian besar tukang kayu menggunakan biscuit jointer untuk membuat mortise. Akurasi dari mortise dan biskuit tidak terlalu signifikan dan dengan menggunakan mesin jointer pekerjaan menjadi lebih mudah. 3. Bridle Jo

3 Cara Terbaik Menyembunyikan Paku dan Sekrup pada Furniture

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menyatukan berbagai komponen mebel. Keduanya adalah penyatuan dengan paku, dan yang berikutnya adalah penyatuan dengan lem. Penyatuan komponen furniture dengan paku sering menimbulkan masalah estetika. Penampakan paku atau skrup dinilai membuat mebel kurang menarik. Untuk mengatasi ini, biasanya para woodworker punya cara tersendiri menyembunyikan paku dan sekrup pada furniture. Simak penjelasannya di bawah ini. Coba Anda perhatikan berbagai mebel atau furniture di tempat Anda. Apakah ada penampakan paku atau sekrup pada bagian yang tampak? Pasti tidak bila Anda membeli furniture tersebut dari mereka yang profesional. Sebab, para woodworker memang memiliki cara tersendiri untuk menyembunyikan paku dan sekrup dari furniture. Ini dilakukan untuk kebutuhan estetika atau keindahan. Ada memang mebel yang sengaja dibuat antik dengan paku-paku yang nampak terlihat. Pine meble atau furniture dari pinus kerap didesain dengan tampilan seperti ini. Nam